Mengenal Jenis Kredit Kepemilikan Rumah

By on Sep 8, 2015
perumahan rakyat

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR begitu membantu bagi masyarakat yang ingin membeli rumah. Karena dengan harga yang demikian tinggi, kelas menengah atau di bawahnya tidak mampu untuk membayarnya secara cash. Maka kredit lah solusinya.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan kredit ini, ada baiknya mengenal jenis-jenis KPR sebagai bahan pertimbangan. Muslimpolitan memberi saran untuk mengambil KPR jenis syariah karena tipe itu yang comply pada ajaran Islam.

KPR Konvensional

KPR jenis ini tersedia di bank-bank konvensional atau yang tidak menerapkan sistem syariah. KPR ini mengikuti suku bunga BI atau BI rate sebagai acuan. BI rate sendiri nilainya bisa berubah-ubah.

Per 18 Agustus 2015, BI rate dipatok pada angka 7.50%. Namun dari Februari 2012 hingga May 2013, BI rate sempat mencapai angka 5.75%. Kenaikan satu persen angka BI rate cukup terasa bagi pengangsur KPR, terutama yang hutang pokoknya ratusan juta rupiah. Selisihnya mencapai ratusan ribu rupiah.

KPR Bersubsidi

Pemerintah memberi fasilitas bagi masyarakat berpenghasilan rendah agar bisa memiliki rumah. Uang muka dan bunga pada KPR ini lebih rendah dibanding KPR konvensional. Hanya saja, tipe rumah yang bisa dibiayai maksimal luas 36 meter persegi. Harga rumah maksimal sebesar Rp 120 juta.

Sering kali rumah yang dibiayai dengan KPR jenis ini berlokasi di tempat yang terpenci dengan akses yang cukup sulit.

Suku bunga untuk KPR bersubsidi adalah 7,25% flat, dan sudah termasuk premi asuransi jiwa, asuransi kebakaran, dan asuransi kredit. Berita baiknya, pada awal tahun 2015 pemerintah berencana untuk menurunkan suku bunga KPR bersubsidi menjadi 5% flat. KPR bersubsidi juga bebas dari pajak pertambahan nilai (PPN).

KPR Syariah

Berbeda engan KPR konvensional, KPR jenis ini tidak mengenal fluktuatif cicilan. Penyicil akan membayar besaran yang tetap tiap bulan, sehingga lebih menenangkan hati. Dan kelebihan yang utama tentu saja adalah sesuai dengan syariat Islam. Karena KPR jenis ini menggunakan prinsip jual-beli (murabahah).

KPR Pembelian

KPR pembelian adalah jenis pembiayaan rumah dengan memberikan pinjaman uang untuk membeli rumah, dan rumah yang akan dibeli tersebut dijadikan jaminannya. Tak hanya rumah yang dapat dijadikan agunannya, tapi juga berbagai properti lain, seperti apartemen, ruko, dan rukan.

KPR Refinancing

Sebenarnya KPR refinancing bukanlah sebuah jenis pembiayaan untuk membeli rumah, melainkan termasuk dalam jenis pinjaman pribadi. KPR refinancing adalah fasilitas peminjaman uang yang menggunakan rumah yang sudah dimiliki sebagai jaminannya. Tak hanya bangunan rumah yang dapat dijadikan jaminan, tapi surat tanah juga dapat dijadikan jaminannya.

KPR Take Over

Tak banyak bank yang memberikan fasilitas KPR take over. Salah satu bank yang menawarkan KPR take over adalah KPR Mandiri. KPR take over adalah fasilitas untuk memindahkan KPR yang telah berjalan ke bank lain dengan keuntungan berupa tambahan limit pinjaman. KPR jenis ini lebih ke arah persaingan antar-bank untuk mendapatkan konsumen baru.

KPR Angsuran Berjenjang

KPR Mandiri juga memiliki KPR angsuran berjenjang, yakni fasilitas pinjaman yang diberikan untuk pembelian rumah tinggal dengan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ke-tiga masa pinjaman.

KPR Duo

Ini merupakan jenis KPR lain yang juga sangat jarang ditawarkan. Salah satu bank yang menawarkan KPR jenis ini adalah KPR Mandiri. KPR Mandiri Duo adalah fasilitas pinjaman yang diberikan untuk pembelian rumah tinggal, apartemen, ruko, atau rukan sekaligus pembelian mobil, motor, atau furnitur.

sumber: aturduit.com

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

One Comment

  1. Rumah Murah Yogyakarta

    Aug 25, 2016 at 12:52

    Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat.
    DP murah, KPR mudah, atau Rumah murah, asri, dan bersih memang lebih banyak diminati oleh calon pembeli rumah.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *