Sehat dengan Memanfaatkan Tangga Darurat

By on Sep 11, 2015
Naik Turun Tangga

Adakah waktu berolahraga untuk pekerja kantoran? Saat karir makin meningkat, gaji tiap tahun bertambah, selera makan dan perilaku konsumtif ikut mengiringi. Akhirnya, lingkar perut pun tak ingin ketinggalan zaman.

Padahal dekat dengan ruang kantor, ada bagian bangunan yang bisa dimanfaatkan untuk menahan laju kenaikan berat badan.
Bisa membuat tubuh lebih bugar dan penyakit tak bisa mengganggu Anda mengejar deadline tugas.

Yaitu tangga!

Olahraga naik turun tangga menjadi alternatif bagi pegawai kantoran yang tidak sempat olahraga di akhir pekan.

Syaratnya adalah intesitas. Artinya, bila Anda sering menggunakan tangga untuk menuju lantai yang berbeda, maka walaupun saat menggunakan tangga itu sebentar, intensitas yang sering itu lebih berarti daripada melakukan sekali olahraga dalam sehari dengan durasi yang lama.

Peneliti dari University of Utah membuktikan bahwa intesitas lebih berarti daripada durasi dalam membentuk kebugaran.

Menggunakan sampel 2.202 pria dan 2.309 wanita berusia 18-64 tahun yang dibagi dalam empat kelompok pelaku olahraga berdasarkan intensitas dan durasi: intensitas tinggi dan durasi lama, intensitas tinggi dan durasi sebentar, intensitas rendah dan durasi lama, serta intensitas rendah dan durasi sebentar.

Ternyata, peneliti menemukan bahwa orang-orang yang melakukan olahraga dalam intensitas tinggi dan durasi sebentar memiliki berat badan yang lebih ideal.

Dalam satu menit, upaya naik/turun tangga bisa membakar kalori sebanyak 8-11 kkal. Nilai ini lebih tinggi dibanding olahraga dengan intensitas sedang seperti sepak bola, badminton, basket, dll yang menghabiskan 7-9 kkal per menit.

Penilitian American Council on Exercise, aktivitas naik tangga yang dilakukan selama 30 menit adalah sama dengan melakukan olahraga bersepeda pada kecepatan 19-22 km per jam.

Nah, jangan biarkan tangga hanya menjadi jalan darurat saat ada bencana seperti kebakaran/gempa bumi. Atau paling banter Anda menggunakan tangga saat latihan evakuasi oleh pengelola gedung. Manfaatkan anak tangga untuk kebugaran!

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *