Demi Menjaga Lingkungan, Kantong Plastik di Supermarket Akan Dikenakan Biaya

By on Jan 16, 2016
Belanja pakai kantung plastik

Mulai Februari, tepatnya pada Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari, aktivitas belanja Anda di Supermarket akan mengalami tambahan biaya. Karena Anda harus membayar tiap plastik yang terpakai untuk menampung barang belanjaan. Demikian yang telah direncanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Tujuan kebijakan ini agar konsumen mengurangi penggunaan kantong plastik. Karena kantong plastik mengandung bahan yang sangat sulit terurarai dan dapat mencemari lingkungan.

Sebagai awalan, kantong plastik berbayar ini akan diperkenalkan di 17 kota kepada pemerintah daerah, dunia usaha atau peritel modern, dan masyarakat. Bertahap, kebijakan ini bakal menjadi kewajiban untuk seluruh supermarket di kota besar di Indonesia.

Contoh sukses kebijakan kantong plastik berbayar adalah di negara maju seperti Hong Kong, Inggris, dan Amsterdam. Untuk satu kantong plastik dikenai harga 50 sen. Mungkin kalau diterapkan di Indonesia, satu lembar plastik bisa seharga Rp. 500.

Kebijakan ini sebenarnya telah diterapkan lebih dahulu di Kota Cimahi dan Bandung. Ada peraturan di Bandung bahwa bila masyarakat mengembalikan kantong plastik ke ritel akan mendapat kompensasi berupa uang.

Sampah plastik senantiasa menjadi kontributor sampah terbesar di kota-kota besar i Indonesia. Pada tahun 2014, terdapat 64 juta ton sampah yang sekitar 9,6 juta ton di antaranya adalah sampah plastik.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *