Ini Pembagian Terbaru Tiga Jenis SIM C Untuk Motor

By on Jan 11, 2016
SIM C

Bagi Anda pemilik motor, ada informasi terbaru yang harus diperhatikan mengenai Surat Izin Mengemudi (SIM). Mulai Mei 2016, terdapat tiga jenis SIM C untuk tiga golongan motor. Anda harus memiliki jenis SIM C yang tepat sesuai dengan motor yang Anda miliki.

Pembagian jenis SIM tersebut tergantung dari CC motor. Dalam surat yang dikeluarkan Kakorlantas Polri bernomor No.:ST/2652/XII/2015, klasifikasi tersebut seperti berikut:

– SIM C, untuk sepeda motor berkapasitas mesin kurang dari 250cc

– SIM C1, untuk sepeda motor berkapasitas 250-500cc

– SIM C2, untuk sepeda motor berkapasitas mesin 500cc keatas.

SIM C, C1 dan C2, akan berlaku mulai 1 Mei 2016. Penggantian SIM C dengan golongan baru akan dimulai serentak Februari – April 2016.

Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Kepala Bagian Keamanan dan Keselamatan, Korlantas Mabes Polri, kepada media menjelaskan, “SIM khusus moge yang dimaksud adalah membuat jenis SIM baru. SIM C akan dibuat 3 macam. SIM C itu adalah SIM yang berlaku sekarang, SIM C1 untuk motor berkapasitas 250 cc sampai 500 cc dan SIM C2 untuk motor berkapasitas 500 cc keatas.”

Jadi, buat Anda yang memiliki motor berkapasitas 250 CC hingga 500 CC ke atas harus mengurus SIM baru.

Hal lain di dalam surat yang diterbitkan pada 18 Desember 2015 itu mengatur tentang perpanjangan SIM yang dapat dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku. Ini berlaku mulai 1 Januari 2016.

Selain itu, SIM yang habis masa berlakunya, dapat diperpanjang tidak melebihi batas waktu 3 bulan terhitung sejak tanggal habis masa berlakunya. ewat dari 3 bulan harus membuat seperti prosedur baru.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *