Manfaatkan Gawai Untuk Menghafal Alquran

By on Jan 27, 2016
baca Alquran dengan gadget

Sejatinya kemajuan teknologi sekarang ini justru memudahkan umat muslim untuk menghafal Alquran. Ada banyak alat bantu yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah gawai (gadget) yang sehari-hari bersama Anda.

Ada beberapa tips dalam memanfaatkan gawai untuk menghafal Alquran.

1. Instal aplikasi Alquran

Software Alquran sudah tersedia dalam berbagai platform. Android, iOS, blackberry, maupun windows, sudah menyediakan aplikasi Alquran. Anda tinggal cari dan kemudian pasang di gawai Anda.

2. Ubah kebiasaan saat melihat gawai

Biasanya, gawai dilihat untuk memeriksa apakah ada pesan chatting yang masuk. Atau untuk memantau media sosial. Orang zaman sekarang memang tak bisa lepas dari gawai. Kepalanya tiap sebentar menunduk untuk melihat gawai.

Kini Anda harus mengubah kebiasaan itu. Kalau selama ini Anda memeriksa gawai untuk melihat percakapan chatting atau media sosial, kini Anda harus membiasakan diri untuk melihat ayat Alquran yang sedang dihafal, Kalau bisa, tiap jam sekali Anda membuka aplikasi Alquran dan mengulang-ulang ayat yang sedang Anda hafal. Sisihkan waktu sekitar 3 menit untuk melakukan hal itu.

3. Simpan file mp3 murotal, dan sering-sering dengarkan

Gawai Anda juga bisa digunakan untuk menyimpan bacaan murotal para imam seperti Syeikh Sudais, Al Matrud, Sa’ad Al Ghomidi, Mishari Rasyid Al Fasy, dll.

Alih-alih mendengarkan musik populer, lebih baik waktu Anda dominan untuk mendengarkan ayat-ayat Alquran, terutama surat yang sedang dihafal.

Ini adalah kemajuan teknologi yang bisa Anda nikmati. Zaman dahulu, orang yang sedang menghafal Alquran tidak bisa sering-sering mendengar bacaan gurunya.

4. Rekam dan koreksi sendiri

Sisihkan waktu dalam sehari untuk merekam progress bacaan Alquran Anda. Lantas, putar ulang dan Anda bisa memeriksa secara mandiri bacaan yang masih salah. Tentu saja saat memeriksa rekaman bacaan, Anda harus melihat mushaf.

Sebenarnya sangat disarankan seorang penghafal Alquran memiliki guru tahsin/tahfizh yang rutin memeriksa progress hafalan Alquran. Kalau bertemu guru jadwalnya sepekan sekali, Anda bisa manfaatkan waktu di sela-sela itu dengan memeriksa secara mandiri sebelum “disetor” kepada guru tahfizh.

Sungguh beruntung hidup di zaman teknologi yang berkembang ini. Kalau orang lain memanfaatkannya untuk maksiat, Anda harus memanfaatkan teknologi untuk kebaikan.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

One Comment

  1. Rika Yunanti

    Mar 23, 2016 at 15:41

    Mantap nih ilmunya,Barokalloh..thanks…Semoga bermanfaat dan bs istiqomah bt yg mengamalkannya…Amiiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *