Restoran McDonald’s Pertahankan Sertifikat Halal

By on Jan 13, 2016
mcdonald

Restoran cepat saji McDonald’s menunjukkan komitmen mempertahankan sertifikat halal yang telah ia peroleh dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Terbaru, dalam sidang Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (KF-MUI) (Rabu 13 Januari 2015), MCDonald menjadi salah satu dari 34 perusahaan yang ditetapkan fatwa halalnya oleh KF-MUI.

McDonald’s yang bernaung dalam bendera PT. Rekso Nasional Food, sebelumnya mendapat kabar tidak mengenakkan soal kehalalannya. Belakangan mencuat berita dari pernyataan pimpinan MUI Kota Pekanbaru yang mempermasalahkan masa berlaku sertifikat halal dari waralaba ini.

Ketua KF-MUI Pusat, Prof. Dr. Hasanuddin AF, M.A menengahi persoalan tersebut. Menurutnya, berdasarkan kaidah  “Istishhab”. Yaitu suatu ketentuan hukum yang sudah ada tetap berlaku, selama belum ada dalil yang membatalkannya, maka kehalalan MUI tidak bisa diganggu gugat hingga ada bukti yang membatalkan fatwa sebelumnya.

Baca juga: Halal Itu Prinsip

“Restoran Mc Donald’s telah mendapat sertifikat halal dari MUI. Dan ini tetap berlaku, selama tidak ada pernyataan atau bukti yang menyatakannya haram dari lembaga yang berwenang, dalam hal ini adalah MUI Pusat, karena sertifikat halal yang dimiliki bersifat nasional. Apalagi mereka telah pula mengajukan proses perpanjangan sertifikasi halalnya,” terang Hasanuddin AF.

Hanya saja, kedisiplinan perusahaan memperpanjang masa berlaku sertifikat halal produknya tetap diperlukan agar tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

“Dengan keterbukaan komunikasi, kendala atau kesulitan yang dihadapi, bisa dicarikan solusinya untuk kebaikan semua,” pungkas Hasanuddin.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *