Sebentar Lagi WhatsApp Akan Digratiskan

By on Jan 19, 2016
Whatsapp

Aplikasi chatting WhatsApp selama ini menarik tagihan US$ 1 per tahun bagi penggunanya. Namun kini, sebagaimana diumumkan oleh Chief Executive WhatsApp, Jan Koum, WhatsApp berencana menghapus tagihan tersebut. Artinya, aplikasi WhatsApp akan gratis.

Dalam konferesi di DLD, Bavaria, Koum menyatakan bayaran yang bila dikonversikan dalam rupiah sebesar 13 ribu – 14 ribu itu segera resmi dihapus.

WhatsApp akan mengandalkan pemasukan dari monetisasi komunikasi antara korporasi dan individu. Setelah pemasukan sebelumnya tidak berjalan efektif karena masih banyak pengguna yang tidak memiliki nomor kartu debet atau pun kredit. Hanya saja, pemasukan dari perusahaan induk, yaitu Facebook, sendiri sudah begitu besar sehingga penghasilan bagi WhatsApp tidaklah menjadi prioritas utama.

“Mulai tahun ini, kami akan melakukan uji coba alat yang memungkinkan pengguna memakai WhatsApp untuk berkomunikasi dengan korporasi atau organisasi yang diinginkan,” tulis WhatsApp melalui blognya, seperti yang dikutip laman The Guardian, Selasa (19 Januari 2016).

Layanan tersebut nantinya akan memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan pihak bank secara langsung saat menemukan ada transaksi bermasalah. Atau juga dengan maksapai penerbangan ketika ada penerbangan yang mengalami penundaan.

Dengan perubahan kebijakan ini, WhatsApp diyakini akan memperkuat pasar di negara-negara berkembang seperti Brazil, Indonesia, dan Afrika Selatan. Ketiga negara tersebut dikabarkan memiliki pengguna WhatsApp yang cukup banyak.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *