Tips Bagi Karyawan yang Baru Mendapat Promosi / Kenaikan Jabatan

By on Jan 13, 2016
memberi selamat

Saat diumumkan promosi atau kenaikan jenjang karir, rasa bahagia akan menyelimuti. Bangga, karena kerja-kerja selama ini diapresiasi oleh orang lain. Dan tentu semakin percaya diri.

Tapi ingat, kenaikan jenjang karir juga ada masa probationnya. Tetap ada peluang gagal dan diturunkan kembali ke posisi semula. Kalau itu terjadi, rasa percaya diri berganti menjadi rasa malu.

Agar itu tidak terjadi, maka perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

Tingkatkan Semangat Bekerja

Tentu pihak perusahaan berharap agar ada peningkatan kinerja dari apresiasi kepada karyawan berupa promosi. Dengan kenaikan jabatan, akan ada banyak wewenang yang dimiliki oleh karyawan yang dipercaya tersebut. Dengan kewenangan itulah sang pegawai bisa produktif lebih baik lagi.

Rendah Hati

Ingat, kenaikan tingkat masih ada masa probationnya (masa percobaan). Apa jadinya bila sudah berbusung dada, tetapi rupanya gagal menjalani masa percobaan. Tetap lah rendah hati.

Dan sekalipun sudah berhasil melewati masa percobaan, sikap rendah hati tetap harus dimiliki untuk menjaga hubungan baik dengan sesama karyawan. Anda tidak akan pernah tahu isi hati orang lain. Siapa yang mendengki Anda, tidak akan Anda tahu. Jadi berhati-hatilah menjaga perangai.

Hindari Sikap Bossy, Jadilah Atasan yang Baik

Bila promosi itu Anda jadi memiliki anak buah, jadilah atasan yang baik. Dengan promosi, Anda dipercaya untuk menjadi terdepan dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam sebuah tim. Harapan pihak perusahaan adalah Anda menjadi teladan yang bisa diandalkan, bukan menggunakan wewenang untuk mengatur orang seenaknya.

Bila Anda beriskap bossy (nge-bos) atau tidak mengenakkan bagi bawahan, maka bisa-bisa tim yang Anda pimpin tak bekerja dengan baik. Bisa memicu bawahan Anda resign atau kerjanya tidak optimal. Dan reputasi Anda menjadi buruk.

Beri Motivasi Orang Lain

Saat Anda mendapat nikmat, bisa ada yang dengki, ada yang kagum, atau cuek. Mungkin Anda akan bertemu dengan orang-orang yang benar-benar menjadikan Anda inspirasinya. Karena itu, berbagilah tips dan motivasi kepada mereka.

Jangan Lupakan Orang yang Berjasa Kepada Anda

Dipromosikannya seorang karyawan tentu karena pengajuan atasan. Maka orang yang berjasa pertama kali adalah atasan Anda. Ia harus mempertahankan argumentasi di depan pihak-pihak yang berkewajiban mengevaluasi apakah seorang karyawan cocok dipromosi atau tidak. Maka berterimakasihlah kepada atasan. Juga kepada teman, bawahan, dan orang yang berjasa lainnya.

Bersyukur Kepada Allah

Ini yang paling penting. Promosi adalah rezeki dari Allah swt. Karena bersamaan dengan promosi, ada peningkatan gaji. Sebagai seorang muslim, bersyukur adalah kewajiban.

“Jika engkau bersyukur, maka akan kutambahkan (nikmat-Ku), dan jika engkau kufur (ingkar) sesungguhnya siksa-Ku amat pedih.”(Ibrahim: 7)

Dengan bersyukur, Insya Allah Anda dipermudah untuk promosi ke jenjang berikutnya. Namun bila tidak bersyukur, khawatirnya Anda malah gagal di masa probation.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *