Udang dan Vitamin C, Ada Hubungan Apa?

By on Jan 6, 2016
udang goreng balado

Seperti biasa siang itu saya dan kawan-kawan di kantor makan siang di rumah makan yang dekat dengan kantor. Masing-masing memilih lauk kesukaannya. Kebetulan di warung tempat kami makan siang itu menyediakan menu udang goreng. Saya dan beberapa orang memilih menu itu.

Saat sedang menikmati santapan, seorang teman berpesan, “Nanti abis makan udang, minum vitamin C ya!” ujarnya.

“Memangnya kenapa?” tanya yang lain.

“Cobain aja dulu,” jawabnya sambil tertawa.

Yang lain bingung. Tapi saya paham, teman saya ini sepertinya baru saja membaca tulisan hoax yang mengatakan bahwa makan udang dan vitamin C bisa menyebabkan keracunan.

Tulisan itu memang pernah dijumpai, tetapi kenyataannya banyak sumber yang membantah anggapan tersebut. Oh ya, jangan lupa, kadang udang goreng disajikan dengan bumbu sambal tomat dan cabai yang tentu saja mengandung vitamin C. Atau kadang makanan seafood juga disajikan dengan jeruk nipis dan bumbu yang mengandung vitamin C lainnya. Tetapi tidak pernah terdengar ada yang keracunan setelah makan udang goreng balado.

Beberapa tahun lalu memang tersebar kabar bahwa zat kimia arsenic trioxide akan terbentuk di dalam tubuh akibat dari mengkonsumsi udang dan vitamin C dalam waktu berdekatan.

Arsenik merupakan zat alami yang terdapat pada tanah dan mineral. Bahan ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan, air, atau udara. Makanan laut semisal udang, cumi-cumi dan lainnya memang bisa menyuplai arsenik bagi tubuh manusia. Namun arsenik yang ada dalam makanan adalah bentuk alami yang tidak begitu berbahaya.

Pada dasarnya arsenik memang beracun. Tetapi vitamin C tidak dapat mengubah elemen beracun menjadi arsenik di dalam tubuh. Situs Hoax-slayer menyebutkan bahwa kabar vitamin C bisa mengubah zat menjadi racun arsenik yang menyebabkan kematian tidak didukung dengan dasar fakta yang jelas. Belum pernah juga ada laporkan korban keracunan makanan akibat mengonsumsi makanan laut dan vitamin C di saat yang bersamaan.

Merujuk kepada standar nasional di China, dalam satu kilogram udang hanya terdapat arsenik on organik sebanyak 0,5 miligram. Bahkan bila semua arsenik non-organik diubah menjadi arsenik trioksida, dibutuhkan konsumsi 150 kilogram udang sekali makan untuk bisa menyebabkan keracunan.

Jadi jangan khawatir, udang dan vitamin C tak menyebabkan keracunan kok. Jus jeruk, jus tomat, jus mangga, dan buah-buahan lain yang kaya vitamin C aman dikonsumsi berbarengan dengan masakan udang.

Dari berbagai sumber

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *