Belum Lapor SPT 2015? Masih Ada Kesempatan!

By on Mar 31, 2016
lapor spt

Direktorat Jenderal Pajak mengeluarkan surat edaran yang berisi permohonan maaf terkait kendala teknis di sistem pelaporan yang mengakibatkan proses pelaporan SPT tahunan secara online mejadi terhambat. Dalam surat yang ditandatangani pada 30 Maret 2016 tersebut, diumumkan bahwa wajib pajak yang melaporkan SPT secara elektronik setelah tanggal 31 Maret 2016 dan sebelum 30 April 2016 tak dikenai sanksi.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Dirjen Pajak Nomor KEP-49/PJ/2016 tentang Pengecualian Pengenaan Sanksi Administratif Berupa Denda Atas Keterlambatan Penyampaian SPT bagi wajib pajak orang pribadi yang menyampaikan SPT secara elektronik.

Riza Almanfaluthi, pegawai Direktorat Jenderal Pajak menerangkan bahwa keputusan itu hanya berlaku bagi pelapor secara online. Artinya, bagi Anda yang belum sempat menyampaikan laporan SPT tahun 2016, masih ada kesempatan untuk memprosesnya melalui internet sampai 30 April 2016.

“Hanya untuk online. Terminologinya bukan perpanjangan, melainkan tidak dikenakan sanksi buat yang menyampaikan SPT secara online,” ujarnya kepada muslimpolitan, Kamis (31 Maret 2016).

Seperti diketahui, situs pelaporan SPT yang berlamat di http://djponline.pajak.go.id/ belakangan ini mengalami gangguan. Sehingga banyak wajib pajak yang belum berhasil menginput SPT-nya meski sudah mendekati batas waktu.

Kondisi ini salah satunya disebabkan oleh tidak adanya lagi layanan drop box yang tersedia di tempat-tempat umum. Sehingga wajib pajak beralih ke SPT Online dan terjadi lonjakan pengunjung untuk laman tersebut.

“Dropbox sudah tidak lagi menjadi program unggulan karena sudah ada e-filling,” terang Riza.

Ditambah lagi tahun ini ada kewajiban bagi TNI dan Polri untuk mengurus e-filling.

“Sekarang dengan adanya edaran Menpan tentang kewajiban e-filling, maka PNS, TNI, dan Polri berbondong-bondong mengurus e-filling dan server DJP masih belum kuat menampung itu. Ke depan akan bertahap memperkuat server,” pungkas Riza.

Keputusan Dirjen Pajak

 

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *