Menjaga Kebugaran Sambil Bekerja Di Kantor

By on Apr 15, 2016
Olahraga Kantor

Tak ada halangan untuk membakar kalori di balik cubicle tempat Anda bekerja. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Bergerak adalah urusan kemauan, bila Anda punya semangat maka akan selalu ada jalan untuk menjadi bugar walau di depan komputer.

Kebugaran akan terasa manfaatnya mana penyakit mulai menyerang. Yang paling sering adalah penyakit flu. Padahal penyakit ini bisa ditangkal oleh daya tahan tubuh yang baik. Dan daya tahan tubuh akan optimal mana kala tubuh kita bugar.

Jadi, jangan remehkan mencuri-curi waktu untuk menjaga kebugaran di kantor. Ada beberapa latihan yang bisa Anda lakukan.

Latihan Untuk Jari

Pernah mendengar istilah Carpal Tunnel Syndrome? Dalam bahasa Indonesia, penyakit ini diartikan Sindrom Lorong Karpal. Penyakit di pergelangan tangan karena saraf yang tertekan dan menimbulkan gejala nyeri, mati rasa, dan parestesia (kesemutan atau seperti terbakar). Penyakit ini dihubungkan dengan aktivitas mengetik yang lama.

Untuk menghindarinya, para ahli menyarankan untuk melakukan olahraga meremas bola. Gerakan ini dipercaya bisa melancarkan aliran darah ke tangan. Selain itu, bisa juga melakukan peregangan jemari dengan membuat gerakan melingkar pada bagian pergelangan kaki dan tangan. Atau, sembari duduk Anda bisa melakukan gerakan seperti berenang. Gerakkan tangan seperti sedang berenang gaya punggung atau dada.

Latihan Untuk Leher

Saat mata terpaku pada layar komputer, terjadi ketegangan pada otot leher. Lakukan latihan untuk perenggangan otot leher.  Duduk tegak, miringkan leher ke arah pundak secara perlahan, dan tahan selama 10 detik. Lakukan dengan posisi tubuh tegak.

Latihan Untuk Punggung

Punggung juga sering mendapat masalah karena duduk yang terlalu lama. Solusinya, lakukan latihan berikut. Duduk tegak lalu angkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tangan saling berkaitan. Miringkan tubuh ke arah kiri dan kanan secara perlahan untuk melakukan peregangan otot bagian punggung.

Latihan Untuk Bahu

Untuk menghindari nyeri pada bahu, lakukan gerakan berikut:  Angkat pundak ke arah atas hingga mendekati telinga, dan tahan selama 3-5 detik, turunkan kembali pundak ke posisi normal, ulangi 3-4 kali.

Sering Berjalan Kaki

Bila memiliki waktu luang, dan tidak mengganggu suasana kantor, perbanyakalah berjalan kaki. Mungkin sambil menyapa teman yang bekerja, atau sambil mengambil air minum di pantry, dll.

Naik/Turun Tangga

Olahraga naik tangga sangat efektif membakar kalori. Bila kantor Anda terdiri dari beberapa lantai, dan Anda sering punya urusan dengan karyawan di lantai lain, gunakanlah tangga daripada lift. Kadang lebih cepat menggunakan tangga daripada lift karena saat menunggu lift ada waktu yang terbuang.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *