Pakai Matic Memang Enak, Tapi Ini Kelemahannya

By on Apr 4, 2016
enaknya pakai matic

Sahabat politan, berkendara di jalanan perkotaan yang macet dan padat cukup melelahkan. Terutama bila kita menggunakan kendaraan yang perpindahannya gigi dilakukan secara manual.

Itulah sebabnya banyak masyarakat perkotaan yang memilih menggunakan kendaraan matic, baik motor maupun mobil. Karena tidak perlu repot-repot gonta-ganti gigi bila jalanan sedang macet.

Kelebihan kendaran matic memang dari segi kemudahan berkendara. Tetapi kelemahannya tetap ada, yaitu kendaraan matic lebih boros daripada kendaraan manual. Terutama karena matic memerlukan tambahan tenaga untuk melakukan perpindahan gigi secara otomatis. Karena itu, kendaraan ini mengonsumsi bensin lebih banyak daripada kendaraan manual.

Selain itu, ada beberapa kelemahan lain yang harus diperhatikan. Khususnya motor matic, memiliki beberapa kekurangan daripada motor biasa. Selain boros yang sudah diulas di atas, kelemahan lain sebagai berikut:

1. Roda yang lebih kecil.

Motor matic memiliki roda yang lebih kecil daripada motor biasa. Banyak pengendara motor matic mengeluh saat motor matic dibawa di jalanan yang tidak rata dan bergelombang.

2. Kerawanan komponen.

Perhatikan komponen belt pada motor matic. Komponen itu mengatur sentrifugal untuk putaran roda agar sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Awas, bila belt telah mencapai pemakaian maksimum, segeralah ganti. Harganya memang mahal, tapi komponen ini cukup vital.

3. Pengereman membutuhkan tenaga lebih besar.

Terutama pada turunan, motor matic memerlukan tenaga lebih besar untuk melakukan pengereman. Sedangkan motor manual, cukup dijalankan pada gigi rendah. Selain itu, motor matic tidak memiliki engine break, yaitu pengereman yang dibantu oleh mesin yang dimiliki oleh motor manual. Kadang pengendara motor matic refleks menurunkan kedua kakinya untuk membantu motornya berhenti sempurna.

4. Motor matic lebih panas

Kinerja motor matic lebih berat daripada motor manual. Karena itu motor jenis ini lebih panas daripada motor biasa. Gunakan pelumas khusus untuk motor matic agar kerja mesin optimal.

About Zico Alviandri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *