Planet Haji Umrah, Solusi Titipan Oleh-Oleh Bagi Jamaah Haji dan Umroh

By on Jun 6, 2016
Planet Haji Umrah

Idealnya, jamaah ibadah umroh dan haji tak perlu dipusingkan dengan sebarek titipan oleh-oleh dari teman dan kerabat. Karena selain merepotkan ketika dibawa pulang, juga kita ingin lebih khusyuk beribadah.

Tetapi begitulah tradisi yang berlaku di tanah air. Orang yang pergi umroh dan haji terbebani untuk berbagi rasa syukur karena bisa menunaikan ibadah yang jauh ke tanah suci. Maka oleh-oleh seperti kurma, kacang, kismis, hingga ramuan untuk laki-laki dibawa pulang.

Kalau memang harus membeli barang-barang itu, kini jamaah umroh dan haji tak perlu membelinya di tanah suci. Terutama bagi yang tinggal di kawasan Jabodetabek. Karena di pasar-pasar juga banyak yang menjual oleh-oleh khas itu.

Dan yang paling lengkap tentunya berada di Planet Haji Umrah (PHU), Thamrin City lantai 3A. PHU ini adalah kawasan yang menawarkan tempat belanja yang didalamnya lengkap ada biro haji umrah, toko perlengkapan dan oleh-oleh haji umrah sekaligus.

Menurut Teguh Iman Perdana koordinator komunitas pedagang PHU, tujuan utama adalah membantu jamaah dalam beribadah. Hal ini disampaikannya dalam acara launching Planet Haji Umrah, Jumat (3 Juni 2016).

“PHU ini disiapkan tidak hanya sebagai kawasan belanja religi saja, PHU juga menyiapkan tempat manasik. Jadi benar-benar lengkap, setelah manasik haji langsung bisa berburu perlengkapan dan oleh-oleh haji umrah. One stop service, semua ada di satu tempat dengan suasana belanja khas Timur Tengah,” jelasnya.

Kru muslimpolitan berkesempatan menghadiri pembukaan Planet Haji Umrah. Keberadaan replika unta, pohon kurma asli, dupa, booth selfie kabah menjadikan suasana Timur Tengah yang bersahabat untuk jalan-jalan keluarga.

Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Ketua Komisi X, Fikri Faqih. Dia mengapresiasi keberadaan Planet Haji Umrah. Menurutnya, ini bagus untuk meningkatkan pendapatan pemerintah.

“Pada 2015, sektor wisata menyumbang 4% pendapatan pemerintah. Ini bisa ditingkatkan lagi, terutama dengan berbagai wisata dengan segmen khusus. Seperti Planet Haji Umrah ini bisa menjadi destinasi wisata religi di Jakarta,” terangnya.

Asma Nadia, penulis yang menjadi bintang tamu dalam acara tersebut menyampaikan pentingnya keberadaan kawasan belanja yang memenuhi kebutuhan haji dan umrah.

“Sekarang ibu-ibu tidak perlu lagi pindah-pindah ke berbagai kawasan belanja. Penting ini bagi ibu rumah tangga untuk menjaga energinya,” terang Asma.

Planet Haji Umrah sendiri segera dijadikan sebagai “Destinasi Wisata Belanja Religi Jakarta” oleh pemerintah DKI Jakarta. Hadir pejabat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta, Ahmad Yani.

“Kami dari pemerintah berharap Planet Haji Umrah bisa menjadi contoh, dengan pedagang dan barang dagangan yang berkualiatas serta asli. Dan paling penting bisa menyediakan travel haji umrah yang bersertifikat dan bertanggungjawab,” jelasnya.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *