Serba-Serbi Pengobatan Herbal

By on Aug 3, 2016
herbal medicine

Herbal medicine atau pengobatan herbal belakangan ini semakin menjadi tren. Kalau dulu hanya sekedar pengobatan alternatif, kini sudah menyaingi pengobatan dengan obat farmasi pabrikan.

Apa Itu Herbal?

Herbal dikaitkan dengan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Secara umum, herbal diartikan sebagai tanaman yang bagian-bagiannya dapat dimanfaatkan untuk pengobatan.

Contoh tanaman herbal antara lain mengkudu yang terkenal mampu mengobati darah tinggi. Kunyit yang mampu mengobati sakit mag dan sakit perut. Temulawak, yang juga bisa mengobati sakit mag. Daun sirsak yang disebut-sebut bisa membunuh sel kanker. Dan lain-lain.

Cara Pengolahan

Pengobatan herbal tentu tidak semudah pengobatan dengan obat farmasi pabrikan. Kita harus tahu obat herbal yang cocok untuk mengobati penyakit yang kita derita. Karena walaupun disebut resikonya kecil, tapi resiko tetap resiko. Salah memilih obat sakit mag, bisa-bisa yang kita konsumsi adalah tanaman yang malah mengakibatkan meningkatnya asam lambung.

Kalau obat dari pabrik, kita bisa tanya langsung ke apoteker yang ada di apotek. Atau bila obat itu obat bebas yang dijual di minimarket atau warung terdekat, kita bisa kenali fungsinya dari iklan.

Selain itu, tanaman herbal punya cara pengolahan sendiri. Kalau obbat farmasi pabrikan bisa langsung diminum, tetapi obat herbal tidak bisa diminum begitu saja. Ada beberapa cara pengolahan herbal medicine.

1. Direbus atau digodok

Bahan herbal direaksikan dengan air di suhu yang tinggi agar mendapatkan manfaat yang baik. Biasanya, herbal yang direbus untuk diminum airnya. Zat-zat obat yang terkandung dalam bahan herbal akan tercampur dengan air mendidih, sehingga nantinya ramuan ini mudah dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara diminum ketika suhu sudah memungkinkan.

2. Diseduh

Cara kedua, bahan herbal dicampur dengan air panas tanpa harus mendidih. Ada bahan-bahan herbal yang cukup tercampur dengan air hangat. Tak perlu suhu sampai titik didih air untuk membuatnya siap diminum.

3. Dijadikan jus

Ada juga obat herbal yang cukup diminum dengan dijadikan jus. Tak perlu dicampur dengan air panas atau air mendidih. Biasanya bahan herbal ini berupa buah. Seperti buah apel yang punya banyak fungsi pengobatan.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *