Muhammad Saw The Servant Leader

By on Sep 20, 2016
Muhammad saw

Istilah servant leader, atau pemimpin yang melayani, baru diperkenalkan dewasa ini oleh Robert K. Greenleaf. Namun sejatinya Rasulullah saw sudah mempraktekkan gaya kepemimpinan ini pada 14 abad silam.

Servant leadership (kepemimpinan yang melayani) didefinisikan sebagai kepimpinan yang berawal dari perasaan tulus yang timbul dari dalam hati yang berkehendak untuk melayani. Menjadi pihak pertama yang melayani.

Biasanya pemimpin itu dipersepsikan sebagai seorang yang memerintah, mengawasi, lalu mengevaluasi. Tapi gagasan servant leadership memposisikan pemimpin sebagai seorang yang melayani anak buahnya.

Ia tak sekedar memerintah, namun yang terdepan memberi contoh. Ia tak sekedar mengawasi, namun terdepan membimbing dan memperbaiki. Ia tak sekedar mengevaluasi, namun memuliakan mereka yang telah bekerja dengan baik dan mendidik mereka yang berbuat kesalahan.

Begitu mudah didapati kisah gaya kepemimpinan servant leadership yang dipraktekkan oleh Rasulullah.

Kalau dibuka lagi kitab siroh nabawiyah, pada bab Perang Khandaq (parit) akan ditemukan kisah para sahabat meng-ekskalasi pekerjaan kepada Rasulullah ketika menemukan masalah. Menghadapi musuh yang akan menyerang, mereka membuat parit yang mengelilingi kota Madinah. Di tengah pengerjaan, ada sebuah batu besar yang tak mampu mereka pecahkan. Lalu mengadulah mereka kepada Sang Nabi Agung.

Rasulullah pun merespon cepat. Dengan tenaganya yang besar, ia hentakkan palu ke atas parit itu. Sampai-sampai benturan antara palu dan batu itu menimbulkan percikkan api.

Rasulullah saw bukan tipe pemimpin yang merasa cukup dengan peran supervisinya kepada bawahan. Atau merasa cukup menjadi command leader yang sekedar memberi arahan. Tetapi Rasulullah saw turun langsung terlibat dalam pekerjaan, dan menjadi problem solver bagi mereka saat menghadapi kebuntuan.

Melalui servant leadership yang dicontohkan Rasulullah, Allah selipkan bayang-bayang kejayaan Islam melalui percikan api akibat batu besar yang dihantamnya.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *