Obat dan Pencegahan Keputihan

By on Feb 24, 2017
Obat Keputihan

Cuaca bersahabat cerah, namun hari itu Indah gelisah. Ia merasakan daerah pribadinya terlalu lembab dan banyak mengeluarkan cairan. Indah yang masih remaja itu pun berkonsultasi dengan mamanya. Dan mengertilah ia, itulah yang dinamakan keputihan.

Di kalangan masyarakat, keluarnya cairan (bukan darah) yang berlebihan dari kelamin wanita disebut keputihan. Sesungguhnya keputihan ini normal, namun bisa juga menandakan penyakit.

Keputihan yang disebut normal apabila yang keluar dari kelamin wanita itu berbentuk cairan/encer, warnanya bening atau sedikit putih, volumenya sedikit, hampir tidak berbau, pH asam, antara 3,8 – 4,5, dan tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.

Namun bila cairan itu bentuknya kental, berwarna putih susu, kuning atau hijau, volumenya agak banyak, berbau tidak sedap, menimbulkan gatal kadang nyeri pada genital dan sekitarnya, bahkan mengandung darah, berhati-hatilah karena menandakan ada parasit yang mengganggu daerah kelamin.

Biasanya, keputihan yang tidak normal itu disebabkan oleh kebersihan alat kelamin yang tidak terjaga. Bisa juga karena pengaruh obat-obatan terutama antibiotik, stress, infeksi yang disebabkan oleh bakteri, gonorrhoe, parasit trichomonas, jamur Candida dan virus (HPV, Herpes, AIDS), atau kanker rahim.

Jamur Monilia atau Candidas. Bercirikan memiliki warna putih seperti susu, cairannya sangat kentar, sangat berbau tidak seda dan menimbulkan rasa gatal pada sekitar daerah vagina. Hal ini dapat menyebabkan vagina mengalami radang dan kemerahan. Biasanya hal ini juga dipicu oleh adanya penyakit kencing manis, penggunaan pil KB, serta tubuh yang memiliki daya tahan rendah.

Infeksi vagina yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebar ke sistem reproduksi bagian atas sehingga memicu radang, penyumbatan lubang dan saluran sistem reproduksi. Ini dapat mengakibatkan infertilitas/kemandulan.

Keputihan yang tidak normal ini bisa diobati. Jagalah kebersihan daerah genital. Gunakan ramuan herbal seperti ekstrak daun sirih yang anti bakteri. Hindari berenang di kolam umum selama daerah genital masih bermasalah. Untuk menghindari lembab yang semakin menyuburkan bakteri, gunakan celana dalam dari bahan katun dan hindari menggunakan celana dalam yang ketat. Serta hindari stress.

Keputihan bisa dicegah bila disiplin menjaga kebersihan area intim.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *