Ketika Aplikasi Halo Polisi Gagalkan Percobaan Penculikan Anak

By on Mar 10, 2017
aplikasi halo polisi

Diluncurkan pada awal Januari lalu oleh Polresta Depok, aplikasi Halo Polisi telah menyelamatkan seorang siswi dari percobaan penculikan oleh seorang wanita tak dikenal.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis, 2 Maret 2017 lalu di kawasan sekolah elite SD, SMP, dan SMA Pribadi Depok. Sekitar pukul 14.30 siang.

“Saat itu datang seorang wanita mengambil brosur di lobi sekolah, kemudian ditanyakan oleh satpam keperluan ibu ini apa,” ujar Herry kepada detikcom, Selasa 7 Maret 2017.

Perempuan asing paruh baya mengaku kerabat seorang siswi dan hendak menjemput siswi tersebut.

“Karena di sekolah itu resepsionis sudah kenal dengan orang tua yang suka jemput anak-anaknya, kemudian mereka curiga, karena tidak kenal dengan wanita ini,” terang Herry.

Curiga, lantas resepsionis pun mengabari wali kelas siswi yang bersangkutan. Rupanya wali kelas tak mengenali perempuan yang belakangan diketahui bernama Ari Pudi (44 tahun) itu. Kemudian resepsionis pun menghubungi orang tua siswi dan mengirimkan foto perempuan asing itu.

“Setelah mendapat konfirmasi bahwa orang tua tidak mengenali wanita itu, maka pihak sekolah mengamankan dan meminta keterangan dari wanita itu,” cerita Herry.

Kebetulan, sekolah sedang kedatangan Tim Srikandi Polresta Depok, yang sedang memberikan program Sosialisasi Anti Kejahatan Seksual pada Anak. Pihak sekolah dan Tim Srikandi Polresta Depok kemudian menginterogasi wanita itu.

“Keterangan yang diberikan oleh wanita tersebut berubah-ubah, sehingga tim Srikandi kemudian menekan Panic Button pada aplikasi Halo Polisi yang terdapat di smartphone-nya untuk meminta bantuan dari tim insidentil,” terang Herry.

Dan datang lah tak lama kemudian sebuah tim yang mengamankan wanita tersebut.

“Kami mengimbau kepada orang tua maupun sekolah untuk lebih waspada akan penculikan anak. Kenali orang yang menjemput anak-anak di sekolah dan yang dilakukan pihak Sekolah Pribadi ini sudah bagus, sampai konfirmasi ke sana-sini untuk mengecek wanita tersebut,” ujar Herry.

Aplikasi Halo Polisi ini disarankan untuk diunggah oleh masayarakat agar aparat Polresta Depok dapat merespon cepat kondisi darurat atau ancaman bahaya.

Halo Polisi juga dapat diakses dengan mengunjungi alamat situs www.halopolisi.id. Telah diunggah oleh 11 ribu lebih pengguna Android sejak diluncurkan.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *